IDENTIFIKASI KESULITAN GURU PADA PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI SMP

Erentrudis Junirestu

Abstract


Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru pada penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Geometri SMP. Subyek penelitian adalah dua orang guru matematika pada salah satu SMP di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan pedoman wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan pada setiap tahapan pendekatan saintifik yaitu pada kegiatan mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan data, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Adapun kesulitan-kesulitan yang ditemukan yaitu kesulitan dalam mengontrol pemahaman siswa pada objek yang diamati, pengelolahan dan pemahaman bahasa, periode waktu yang tidak mencukupi, keterbatasan penyedian sumber informasi, tujuan pembelajaran yang ditetapkan kurang maksimal, dan kesulitan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Kata Kunci : Geometri, Pendekatan Saintifik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.