DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MENGGUNAKAN MASALAH KONTEKSTUAL

Emy Sohilait

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar (Learning Trajectory) dalam memahami konsep Perbandingan Senilai. Lintasan belajar tersebut menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan masalah kontekstual dalam bentuk soal cerita sebagai penggunaan konteks yang merupakan titik awal (starting point) pembelajaran matematika. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masohi yang berjumlah 30 orang dan seorang guru yang mengajar di kelas tersebut (guru model). Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian desain (design research) yang meliputi preliminary design, teaching experiment, dan retrospective analysis. Pengumpulan data dilakukan melalui melalui observasi, dokumentasi, hasil kerja LKS, dan mewawancarai siswa. Data dianalisis dengan cara membandingkan Hyphotetical Learning Trajectory (HLT) dengan apa yang terjadi selama proses pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan konteks dalam bentuk soal cerita dapat mendukung pemahaman siswa pada konsep perbandingan senilai dari tahap informal ke tahap formal. Kata Kunci: PMR, Masalah Kontekstual, HLT, Lintasan Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.