PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DENGAN SETTING JIGSAW

Azimatul Munirah, Yus Mochamad Cholily, Mohammad Syaifuddin

Abstract


enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang berupaya menganalisis proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah dengan setting jigsaw. Metode yang digunakan tes dan wawancara dalam mengumpulkan data. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa MTs untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif. Kemudian memilih 6 siswa dengan masing-masing dua siswa dari kategori tinggi, sedang, dan rendah untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa. Tahapan proses berpikir kreatif dalam pemecahan masalah dari Wallas yaitu terdiri dari tahap persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Hasil proses berpikir kreatif menunjukkan dari ke-enam siswa bahwa hanya satu siswa dari berkemampuan kreatif tinggi yang mampu memenuhi tahapan persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Sedangkan siswa dari berkemampuan kreatif sedang dan rendah hanya memenuhi tahap persiapan dan iluminasi. Tahap inkubasi masih belum muncul, sedangkan verifikasi siswa kurang teliti dalam menyelesaikan perhitungan. Terkadang ada siswa yang proses pengerjaan tes benar, namun hasil akhir salah. Sebaliknya proses pengerjaan salah, tetapi hasil akhir benar. Sehingga diperlukan ketelitian dan pemeriksaan kembali oleh siswa. Kata kunci: Proses Berpikir Kreatif, Jigsaw

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.