KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN DAYA KONSEPSI MATEMATIS

Andini Dwi Rachmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas guru dalam mengembangkan daya konsepsi matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Kreativitas guru saat mengelola kelas sangat mempengaruhi perkembangan daya konsepsi . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Ngunut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data yang digunakan adalah tringangulasi data, yaitu dengan mengecek atau membandingkan data yang diperoleh dari tes kemampuan pemahman konsep, angket kesiapan belajar berdasarkan gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya belajar peserta didik kelas VII SMPN 3 Ngunut didominasi oleh gaya belajar visual sebayak 25 peserta didik, diikuti 4 peserta didik dengan gaya belajar auditory dan 1 peserta didik dengan gaya belajar kinestetik. Kata kunci: kreativitas guru, daya konsepsi, dan gaya belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.