PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DAN GURU MATEMATIKA BERDASARKAN STATUS AKREDITASI SEKOLAH

Dewi Sukriyah, Eka Nurmala Sari Agustina

Abstract


Kemampuan berpikir kritis diperlukan dalam proses pembelajaran matematika terutama ketika guru melatih siswa dan ketika siswa menyelesaikan masalah matematika. Akreditasi sekolah juga masih menjadi pertimbangan utama masyarakat dalam memilih sekolah karena anggapan sekolah yang kualitasnya baik maka kualitas guru dan siswanya juga baik.Dengan demikian, perlu diketahui kemampuan berpikir kritis guru matematika dan siswa berdasarkan status akreditasi sekolah.Kemampuan berpikir kritis guru dan siswa dalam penelitian ini diketahui dari hasil tes berpikir kritis. Penelitian dilakukan pada 3 sekolah terakreditasi A, 5 sekolah terakreditasi B, dan 1 sekolah terakreditasi C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek mengidentifikasi dicapai paling baik oleh siswa dan guru dari sekolah terakreditasi, aspek menganalisis dicapai paling baik oleh siswa dari sekolah terakreditasi A dan guru dari sekolah terakreditasi B, aspek menghubungkan dicapai paling baik oleh siswa dan guru dari sekolah terkreditasi A, aspek memecahkan masalah dicapai paling baik oleh siswa dan guru dari sekolah terakreditasi A, dan aspek mengevaluasi dicapai paling baik oleh siswa dan guru dari sekolah terkreditasi A,. Secara keseluruhan, skor tes kemampuan berpikir kritis diatas rata-rata dicapai paling baik oleh siswa dari sekolah akreditasi A dan guru dari sekolah akreditasi B. Guru dari sekolah terakreditasi B dan C harus lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, Akreditasi sekolah, Siswa, Guru matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.