TINJAUAN GAYA BELAJAR UNTUK MENCAPAI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION

Kartini Sidin, Moh. Mahfud Effendi, Siti Khoiruli Ummah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ATI ditinjau dari gaya belajar siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII C. Data efektivitas model pembelajaran ATI pada penelitian ini dilihat dari 1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran ATI, 2) aktivitas siswa selama pembelajaran matematika dengan model pembelajaran ATI, 3) respon siswa bergaya belajar visual, auditorial dan kinestetik setelah diterapkan model pembelajaran ATI, serta 4) hasil belajar matematika siswa bergaya belajar visual, auditorial dan kinestetik setelah diterapkan model pembelajaran ATI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran ATI berada pada kategori baik. Kemudian aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran ATI berada pada kategori baik dan respon siswa bergaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap model pembelajaran ATI berada pada kategori sangat baik, serta hasil belajar siswa bergaya belajar visual, auditorial dan kinestetik setelah belajar menggunakan model ATI berada pada kategori tinggi atau tuntas baik secara individual maupun klasikal. Kata Kunci: Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction, Gaya Belajar, Efektivitas Model Pembelajaran ATI

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.