PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA HUMANIS PADA MATERI MATRIKS

Anggita A, Moh.Mahfud Effendi, Siti Khoiruli Ummah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika humanis berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran matematika lebih sering dengan pemberian materi dan tidak melakukan kegiatan eksplorasi. Siswa belajar matematika harus secara manusiawi, yaitu dengan menciptakan sendiri pemahaman akan unsur-unsur matematika. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Plomp yang memiliki tiga tahap yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Tahap investigasi awal dan tahap pengembangan menjadi bagian dari analisis produk dan tahap penilaian menjadi bagian dari uji lapangan. Perangkat pembelajaran matematika humanis yang dikembangkan tersebut diuji cobakan kepada 32 siswa kelas X SMK. Hasil yang diperoleh dari tahap analisis produk adalah valid. Hasil yang diperoleh dari tahap uji lapangan adalah praktis dan efektif berdasarkan hasil observasi dan angket respon siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika humanis sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Matematika Humanis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.