MODUL JATRABEL UNTUK MELATIH KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS

Desi Yana Sugianti, Yus Mochamad Cholily, Rizal Dian Azmi

Abstract


Kesulitan dalam mengkomunikasikan atau menyampaikan pendapat atau jawabannya terhadap permasalahan matematika dalam bentuk tulisan masih banyak terjadi. Modul sebagai bahan ajar mandiri dan bahasanya lebih komunikatif diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul JATRABEL untuk melatih komunikasi matematis tertulis siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil pengembangan ini berupa modul JATRABEL dengan penyajian materi sesuai dengan indikator komunikasi matematis tertulis yang digunakan pada penelitian ini. Penyajian materi pada modul ini sengaja dibuat ada bagian yang masih kosong dan harus diisi siswa. Penelitian ini menggunakan observasi, uji validasi modul dan materi, uji coba modul dan pembagian angket respon siswa serta wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Modul JATRABEL telah divaliasi oleh para ahli dan juga telah diujicobakan kepada 10 siswa kelas VII. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul JATRABEL sangat valid dan sangat layak digunakan. Hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa respon siswa baik terhadap modul yang telah dikembangkan dan modul JATRABEL efektif. Berdasarkan angket juga, indikator komunikasi matematis tertulis siswa 58,125% terpenuhi. Kata Kunci: Komunikasi Matematis Tertulis, Pengembangan, Modul JATRABEL

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.