PENANAMAN KONSEP KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPERENSIAL BERBASIS PERMAINAN

Iesyah Rodliyah

Abstract


Model pembelajaran eksperiensial berbasis permainan merupakan pembelajaran berpusat pada peserta yang aktif, bisa digunakan sebagai unsur yang inovatif dan menyenangkan dalam pengalaman pembelajaran. Model pembelajaran ini tidak digunakan semata-mata karena menginginkan peserta didik bergembira selama proses kegiatan belajar mengajar, melainkan sebagai sarana untuk mencapai tujuan. Artikel ini merupakan bagian dari penelitian besar pada pengembangan perangkat pembelajaran dengan strategi experiential learning berbasis game pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran eksperensial berbasis permainan pada materi keliling dan luas bangun datar. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui lembar kerja siswa, observasi, dan catatan lapangan. Teknis analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data penelitian yang diperoleh selama penelitian selanjutnya dianalisa dan dikaitkan dengan teori yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dapat membentuk konsep dasar keliling dan luas bangun datar melalui pengalaman selama proses pembelajaran. Kata Kunci: eksperiensial, permainan, luas, keliling, bangun datar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.