ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI PEMECAHAN MASALAH POLYA

Sri Ayu Ardiyanti, Umi Farihah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa saat mengerjakan soal cerita pada materi teorema pythagoras ditinjau melalui teori Pemecahan Masalah Polya  serta untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII B MTs Al-Barokah Annur Jember tahun  pelajaran 2018/2019.  Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.  Hasil dari penelitian ini  adalah: 1) Kesulitan siswa berkemampuan tinggi: kesulitan merencanakan penyelesaian,  kesulitan melaksanakan rencana, kesulitan menelaah kembali. Kesulitan siswa berkemampuan sedang: kesulitan memahami soal, kesulitan merencanakan penyelesaian kesulitan melaksanakan rencana, kesulitan menelaah kembali. Kesulitan siswa berkemampuan rendah: kesulitan memahami soal,  kesulitan merencanakan penyelesain,  kesulitan melaksanakan,  kesulitan menelaah kembali. 2) Faktor penyebab dari kesulitan yang dialami oleh siswa adalah siswa tidak memahami maksud dari soal, siswa tidak sepenuhnya paham tentang materi teorema pythagoras, siswa tidak mengerti materi-materi yang terkait dengan materi teorema pythagoras, siswa belum terbiasa menerima soal cerita, siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika, dan siswa tidak terbiasa melakukan telaah kembali atas jawaban yang sudah didapatkannyaKata Kunci: Kesulitan siswa, Soal Cerita Teorema Pythagoras, Teori Pemecahan Masalah Polya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.