PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR

Bintana Alin Hilwah, Umi Farihah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI dan NHT terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII pada Konsep Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 1 Tamanan tahun pelajaran 2018/2019. Model pembelajaran GI  dan  NHT merupakan model pembelajaran kooperatif yang  menempatkan siswa ke dalam kelompok dengan nomor kepala yang berbeda untuk melakukan investigasi terhadap suatu topik. Metode penelitian yang digunakan adalah true-experimental dengan rancangan penelitian design two group pretest posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes,  pretest  untuk mengukur kemampuan awal dan posttest digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t-test  dengan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran GI dan NHT lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran GI dan NHT dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat memberdayakan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.Kata kunci: Model Pembelajaran GI dan NHT, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.