ANALISIS SOAL DALAM BUKU SISWA MATEMATIKA KURIKULUM 2013 (EDISI REVISI 2017) BERDASARKAN DIMENSI TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS)

Any Isroaty, Umi Farihah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil laporan dari Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) yang menunjukkan bahwa capaian anak-anak Indonesia dibawah rata-rata. Hasil tersebut menjadi dasar dalam merumuskan pembelajaran dalam kurikulum 2013. Adapun dalam pengimplementasian kurikulum 2013 pemerintah telah menyiapkan buku siswa sebagai acuan wajib pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis soal uji kompetensi dalam buku siswa matematika kelas VII kurikulum 2013 (edisi revisi 2017) berdasarkan dimensi TIMSS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu soal uji kompetensi dalam buku siswa matematika kelas VII kurikulum 2013 berdasarkan dimensi konten TIMSS. Teknik Pengumpulan data  menggunakan metode  dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 234 soal yang dianalisis memuat 2,82 % deskriptor mengenali, 0,43% deskriptor mengklasifikasi, 11,11% deskriptor menghitung, 18,8% deskriptor mengambil, 1,28% deskriptor mengukur, 17,95% deskriptor menentukan, 8,12% deskriptor memodelkan, 14,69% deskriptor menerapkan, 9,4%  deskriptor  menganalisis,  2,14% deskriptor mempersatukan, 2,14% deskriptor membuat kesimpulan, 0,43% deskriptor menggeneralisasi, 6,41% deskriptor memberi alasan dan 1,28% lain-lain. Secara keseluruhan berdasarkan dimensi kognitif TIMSS soal yang termasuk domain penerapan memiliki persentase paling tinggi yaitu sebesar 41,03% untuk 96 soal, diikuti dengan domain pengetahuan yaitu sebesar 37,18% untuk 87 soal, dan paling sedikit termasuk domain penalaran yaitu sebesar 20,52% untuk 48.Kata kunci : Analisis soal, buku siswa matematika kurikulum 2013, dimensi TIMSS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.