PENGEMBANGAN WORKSHEET MATEMATIKA UNTUK SISWA DYSCALCULIA DI SEKOLAH DASAR SE-KOTA MALANG

Firda Alfiana Patricia, Kenys Fadilah Zamzam

Abstract


Sekolah Dasar (SD) adalah jenjang pendidikan yang paling dasar. Ada beberapa faktor penghambat dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar, salah satunya adalah kesulitan yang dialami oleh anak  Dyscalculia.  Dyscalculia  adalah kesulitan dalam melakukan operasi hitung bilangan. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan worksheet matematika untuk siswa Dyscalculia pada jenjang kelas 3 SD. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Tahap penelitian pengembangan Plomp adalah tahap investigasi, tahap desain, tahap realsasi/desain, tahap tes, evaluasi,revisi dan tahap implementasi. Penelitian ini menggunakan beberapa instrument antara lain angket respon siswa, lembar validasi dan tes hasil belajar. Penelitian dilaksanakan di lima Sekolah di Kota Malang. Subjek penelitian adalah 24 siswa dengan kesulitan  Dyscalculia  atau sering disebut dengan kesulitan menghitung bilangan. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan bahwa 92,5 % media valid untuk digunakan. Hasil validasi ahli materi menunjukkan 90% materi dalam worksheet valid dan sesuai untuk anak sekolah dasar kelas 3. Hasil valiasi ahli bahasa menunjukkan 90% bahasa valid an mudah dipahami. Berdasarkan hasil uji skala kecil 80% siswa mendapatkan nilai diatas 75 dan pada tahap uji skala besar 91,7% siswa Dyscalculia mendapat nilai lebih dari 75. Hasil angket menunjukkan sor rata-rata 3.75%. hal ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap worksheet tersebut. Kata Kunci:  worksheet, matematika, Dyscalculia, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.