DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBUKTIAN MATEMATIS BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT

Era Dewi Kartika, Nok Izatul Yazidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam menyelesaikan pembuktian teorema pada mata kuliah analisis real berdasarkan AQ (Adversity Qoutient). Masalah yang dipecahkan berkaitan dengan pembuktian teorema pada matakuliah analisis real. Teorema yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teorema yang berkaitan dengan bilangan rasional. Penelitian ini dilaksanakan di IKIP Budi Utomo Malang. Sumber data pada penelitian ini adalah 6 mahasiswa yang menjadi subjek penelitian yang terdiri dari dua mahasiswa quitter, dua mahasiswa camper, dan dua mahasiswa climber. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes AQ, soal pembuktian teorema  untuk menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis dan wawancara. Berdasarkan dari hasil penelitian maka bisa disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa belum maksimal dalam pembuktian teorema pada matakuliah analisis real, hal ini ditunjukkan dengan adanya indikator-indikator kemampuan berpikir kritis yang tidak terpenuhi. Dua subyek camper dapat menyelesaikan pembuktian dan memenuhi semua indikator berpikir kritis dengan baik, sedangkan subyek quitter dan climber tidak dapat menyelesaikan pembuktian dengan benar dan tidak memenuhi indikator-indikator berpikir kritis.Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, pembuktian matematis, adversity quotient

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.