ANALISIS PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH BERBANTUAN EZCAST TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN

Dyah Ayu Sulistyaning Cipta, Raras Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan analisis pemanfaatan Macromedia Flash  berbantuan EZcast  terhadap motivasi belajar pada mata kuliah Teori Bilangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Analisis data menggunakan analisis hasil observasi, analisis transkrip wawancara dan analisis hasil angket mahasiswa. Penelitian dilaksanakan di IKIP Budi Utomo Malang dengan subjek mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika angkatan 2017 dengan jumlah 40 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dikumpulkan didapatkan bahwa mahasiswa kurang termotivasi saat proses belajar tidak menggunakan media visual. Beberapa dosen di perguruan tinggi sangat kurang dalam menggali  serta menggunakan teknologi informasi dan tidak adanya integrasi dalam mekanisme kerja pada kelembagaan. Pemanfaatan EZcast dalam proses pembelajaran masih belum maksimal karena hanya sebatas penggunaan power point dan penampilan file pdf  saja. Pemanfaatan Macromedia Flash  berbantuan EZcast dalam mendukung program pembelajaran paperless di IKIP Budi Utomo Malang menjadi salah satu faktor ekternal yang penting untuk menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa pada proses pembelajaran Teori Bilangan. Mahasiswa lebih termotivasi dengan pembelajaran visual menggunakan media Macromedia Flash . Mahasiswa lebih termotivasi untuk mempelajari kembali materi yang telah disampaikan oleh dosen setelah mendapatkan pembelajaran dengan media Macromedia Flash .Kata Kunci:  Macromedia Flash , ezcast, motivasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.