KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN KONEKSI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS OPEN- ENDED (TAI-OE)

Aida Adawia, Tutus Dinantika

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Team Asissted Individualization berbasis Open-Ended (TAI-OE) 2) Mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Team Asissted Individualization berbasis Open-Ended (TAI-OE) .Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan mengambil subyek siswa kelas VIII SMPN 18 Malang. Data yang dikumpulkan adalah skor kemampuan berpikir kritis dan koneksi matematis siswa dengan menggunakan instrumen lembar tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa tergolong dalam kategori sangat baik, dan (2) koneksi matematis siswa tergolong dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model (TAI-OE) telah menentukan keberhasilan siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan koneksi matematis yang keduanya merupakan faktor penting dalam pembelajaran matematika, yaitu untuk meningkatkan pemahaman matematika.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Koneksi matematis Siswa, Model Team Asissted Individualization, Pendekatan Open-Ended.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.