KEMAMPUAN LITERASI KUANTITATIF SISWA KELAS X DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Agustin Fatmawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kemampuan literasi kuantitatitf siswa kelas X ditinjau dari gaya kognitif field depence dan field independence. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatitf. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tes. Tes yang digunakan yaitu GEFT dan tes matematika. Tes GEFT digunakan untuk menentukan gaya kognitif field dependence dan field independence sedangkan tes matematika digunakan untuk menentukan kemampuan literasi kuantitatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi kuantitatif siswa field independence merata di beberapa aspek yakni interpretasi, kalkukasi, aplikasi, dan komunikasi. Pada aspek asumsi siwa field independence memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan aspek representasi. Kelemahan siswa field independence berada pada aspek representasi. Berbeda dengan siswa field independence, siswa field dependence memiliki kemampuan literasi kuantitatif yang merata pada aspek interpretasi, representasi dan komunkasi. Sedangkan kelemahan siswa field dependence yaitu pada aspek kalkulasi dan asumsi.Kata kunci: literasi kuantitatif, gaya kognitif field dependence-field indepence

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.