PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN LANGKAH POLYA

Nurul Irawati

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pemecahan masalah mahasiswa pada pembelajaran geometri berdasarkan langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata untuk mendeskripsikan proses yang dilakukan mahasiswa dalam pemecahan masalah pada pembelajaran geometri. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 mahasiswa S1 jurusan Pendidikan Matematika semester 2 di salah satu Universitas swasta terbesar di Malang. Data dikumpulkan dengan teknik pengamatan dan wawancara dengan instrumen tes pemecahan masalah geometri. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu setelah pengumpulan data, peneliti mencoba melakukan penyederhanaan data dalam bentuk paparan selanjutnya data disajikan sedetail mungkin sesuai dengan hasil yang diperoleh di lapangan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan pemecahan masalah geometri berdasakan langkah Polya, diketahui bahwa mayoritas mahasiswa S1 mampu menyelesaikan pemecahan masalah sampai pada fase atau tahap ketiga yaitu tahap melakukan pemecahan masalah sesuai perencanaan yang telah dilakukan.Kata kunci: Geometri, Pemecahan Masalah Polya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.