PENGAYAAN MATERI AJAR SPL BERBASIS KONTEKTUAL

Mohammad Mahfud Effendi, Habil M Javandalas, Ni Putu Gita Arilaksmi, Putri Ayu Kusgiarohmah

Abstract


Pada dasarnya masalah matematika adalah masalah kehidupan. Tetapi dalam pembelajaran di sekolah sering terjebak pada konsep-konsep kaku yang tidak menarik dan jauh dari menumbuhkan berpikir kreatif. Atas dasar itulah maka pengayaan materi ajar SPL berbasis kontektual menjadi penting, dan dalam hal ini difokuskan pada kasus optimalisasi trayek mikrolet di Malang. Kota Malang tercatat sebagai salah satu kota termacet di Indonesia. Beberapa faktor pemicunya adalah pesatnya pertumbuhan dan perkembangan bidang pendidikan, pariwisata, industri, serta pusat-pusat bisnis dan pembelanjaan. Oleh karena itu, perlu ada upaya optimalisasi matematis dalam penetapan jalur khususnya mikrolet. Penggunaan atau perubahan jalur mikrolet harus melalui analisis kebutuhan, uji coba, dan dievaluasi efektivitasnya. Masalahnya adalah bagaimana menganalisis optimalitas trayek mikrolet secara matematis. Untuk menjawab hal tersebut maka dipilihlah trayek mikrolet ADL. Trayek ini merupakan salah satu trayek yang kompleks ditinjau dari jumlah jalur pilihan, biaya, titik CBI, jarak, dan waktu tempuh. Pada trayek ini ada empat jalur yang bisa dipilih dan dilalui, salah satunya adalah jalur yang digunakan saat ini. Berdasarkan analisis optimalitas menggunakan metode penugasan dengan bantuan aplikasi POM-QM for Windows, maka jalur yang digunakan saat ini merupakan jalur dengan kategori paling optimal (efisien dan efektif). Secara matematis memang demikian, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan jalur lain dengan pertimbangan tertentu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.