ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER

Nur Mela Agustina, Siti Inganah, Siti Khoiruli Ummah

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: menerapkan model pembejaran Treffinger dan mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada model pembelajaran Treffinger. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah siswa kelas VII-A SMP Raden Fatah Batu. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan tes tulis uraian untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada model pembelajaran Treffinger. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:  pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger dapat dikategorikan terlaksana dengan sangat baik dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika rata-rata skor secara keseluruhan dengan kategori sedang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.