ANALISIS KESULITAN MATEMATIS BAGI CALON GURU SD

Nawang Sulistyani

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang berhubungan dengan ide, logika, dan penalaran. Realita pembelajaran matematika di SD saat ini sangat miris. Kesulitan pemahaman konsep matematika menjadikan salah satu faktor penyebab kurangnya minat peserta didik pada mata pelajaran matematika. Hal serupa, juga ditemukan pada jenjang perguruan tinggi khususnya mahasiswa PGSD yang mana mereka akan menjadi calon guru SD. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan matematis bagi calon Guru SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan matematis calon guru diantaranya; (1) kurangnya pemahaman konsep matematika, (2) kurangnya keterampilan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah, (3) kurangnya keterampilan dalam menyusun soal-soal open-ended yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, (4) kesulitan  dalam menentukan media pembelajaran yang tepat, (5) kesulitan dalam menentukan model pembelajaran yang variatif, dan (6) kesulitan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif dan menyenangkan dalam pembelajaran matematika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.