PROBLEMATIKA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA DITINJAU DARI PERSPEKTIF PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MALANG

Muhlis Ahmad

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis perspektif peserta didik terhadap kompetensi pedagogis guru matematika guna mengetahui problematika yang terjadi SMK Muhammadiyah 2 Malang. Pendekatan pada penelitian yaitu kuantitatif. Subjek pada penelitian ini peserta didik kelas X dengan berbagai jurusan kejuruan di sekolah tersebut, sebanyak 75 peserta didik, dengan melibatkan 4 jurusan yaitu Perkantoran (PKT), Multimedia (MM), Akutansi (AKT), dan Tekhnik Komputer dan Jaringan (TKJ) . Adapun indikator kompetensi pedagogi untuk guru mata pelajaran pendidikan dasar dan menengah berdasarkan persepsi siswa meliputi : a. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual; b. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik; c. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu; d. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik; e. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran; f. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki; g. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; h. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belaja.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.