ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DI TAHUN PERTAMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK DAN PERTIDAKSAMAAN RASIONAL

Alkans Sofyawati Sutrisno

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa pendidikan matematika di tahun pertama dalam menyelesaikan soal pada materi pertidaksamaan nilai mutlak dan pertidaksamaan rasional. Kesalahan adalah suatu bentuk kekeliruan, kealpaan, atau ketidak segajaan terhadap jawaban yang sebenarnya yang bersifat sistematis. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru Pendidikan Matematika pada salah satu Universitas di kota Malang semester I tahun ajaran 2017/2018 offering A yang terdiri dari 34 mahasiswa. Instrumen yang digunakan yaitu satu soal pertidaksamaan nilai mutlak dan pertidaksamaan rasional berbentuk uraian. Hasil tes dikelompokkan berdasarkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan,  selanjutnya dipilih 2 subjek yang berbeda dan masing-masing mewakili kesalahan untuk dideskripsikan jenis kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan nilai mutlak dan pertidaksamaan rasional. Kesalahan tersebut dibagi menjadi 2 jenis yaitu kesalahan konsep dan kesalahan prosedural. Kesalahan konsep yang dilakukan mahasiswa meliputi: (1) Kesalahan konsep pertidaksamaan nilai mutlak; (2) Kesalahan konsep pertidaksamaan rasional; dan (3) Kesalahan dalam menerapkan sifat multiplikatif pertidaksamaan. Sedangkan kesalahan prosedural yang dilakukan mahasiswa meliputi: (1) Kesalahan pada pengecekan daerah; (2) Kesalahan dalam menentukan dan menuliskan himpunan penyelesaian; dan (3) Kesalahan perhitungan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.