PROBLEMATIKA GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS IT DI SMP

Puspa Ristina Kusumawardani

Abstract


Guru merupakan salah satu komponen yang menentukan dalam kualitas pendidikan sehingga peran guru sangat penting dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Saat ini teknologi berkembang pesat, guru diharapkan mampu mengkombinasikan media pembelajaran dengan teknologi dan sesuai dengan kemampuan serta karakteristik siswa namun guru pun mengalami beberapa problematika dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana problematika yang dialami oleh guru matematika kelas 1,2 dan 3 dalam pengembangan media pembelajaran geometri berbasis IT. Penelitian ini dilakukan di SMPN 8 Tarakan dengan subjek penelitian tiga orang guru matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pemberian angket terbuka pada guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga guru tersebut belum pernah mengembangan media pembelajaran geometri berbasis IT karena kurangnya kemampuan dalam mengoperasikan software pendukung  pembelajaran seperti Ms. Power point,  beban mengajar ketiga guru sebanyak 35 jam/minggu mengakibatkan kurangnya waktu untuk latihan dalam mengembangkan, serta sarana dan prasarana sekolah yang kurang mendukung seperti listrik, LCD dan komputer, guru masih mendominasi pembelajaran menggunakan metode ceramah karena siswa mengalami banyak kendala dalam operasi hitung perkalian dan pembagian.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.