ANALISIS PENGGUNAAN GEOSTICK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Dita latifatu Syarifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan geostick sebagai media pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas IV SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik. Penelitian ini berfokus pada penggunaan geostick sebagai media pembelajaran matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Wawancara tidak terstruktur bertujuan untuk memperoleh informasi secara langsung dari subjek penelitian tentang penggunaan geostick sebagai media pembelajaran matematika. Sedangkan dokumentasi bertujuan untuk memperoleh data terkait kondisi dilapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media geostick dapat meningkatkan antusias dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika, serta membantu siswa untuk lebih aktif dan lebih cepat memahami konsep dalam menerima pembelajaran khususnya pada materi bangun datar pada sub bab keliling persegi dan persegi panjang. Media geostick juga dapat digunakan untuk memperkenalkan bentuk bangun datar dan bentuk sudut dan juga membantu siswa membedakan antara konsep keliling dan konsep luas. Namun, media geostick tidak dapat digunakan untuk menghitung luas bangun datar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.