PERSPEKTIF GURU TERHADAP KONDISI ZONA ALFA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Zulkipli Zulkipli

Abstract


Kita tentu mengenal langkah-langkah minimal yang harus dipenuhi dalam kegiatan pembelajaran, khususnya matematika, yaitu berupa kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Berkaitan dengan hal tersebut, tidak banyak guru yang mengimplementasikan kondisi zona alfa sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat guru terhadap implementasi kondisi zona alfa pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif  dengan subjek penelitian empat Guru Matematika SMP di Bintan. Pengambilan data dilakukan  dengan metode wawancara kepada empat subjek yang telah dipilih berdasarkan pertimbangan latar belakang dan pengalaman mengajar. Dua guru yang pertama adalah guru fresh graduate yang pengalaman mengajarnya dibawah tiga tahun dan dua guru berikutnya adalah guru yang sudah memiliki pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun. Kemudian, data dianalisis dan selanjutnya disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa secara umum guru mengetahui apa itu kondisi zona alfa pada siswa. Namun, diantara semua subjek yang diwawancarai, hanya satu guru yang mengimplementasikan zona alfa pada Pembelajaran Matematika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.