PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR INVERS FUNGSI DENGAN MEDIA PAPAN ADVENTURE

Wiwik Sugiarti

Abstract


Penggunaan media berupa alat peraga dalam pembelajaran invers fungsi ditujukan untuk membantu siswa menemukan strategi dalam memahami konsep invers fungsi, merumuskan fungsi invers dari sebuah fungsi, dan memperbaiki proses pembelajarannya. Proses pembelajaran akan diperbaiki melalui pembelajaran berkelompok, sedangkan hasil belajar akan ditingkatkan melalui penerapan prinsip kerja media Papan Adventure. Media dengan prinsip kerja diagram alir ini diterapkan dan diteliti dengan Penelitian Tindakan Kelas dalam pembelajaran Invers Fungsi pada siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 02 Batu Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kemudahan pemahaman konsep invers fungsi dan kemudahan merumuskan fungsi invers dari sebuah fungsi dengan media Papan Adventure. Kemudahan ini memberikan adanya peningkatan hasil belajar yang ditunjukkan tingkat ketuntasan kondisi awal, posttest I, dan posttest II, yaitu sebesar 56,5%, 63,6%, dan 87,9%. Sedangkan peningkatan aktivitas belajar ditunjukkan dengan membandingkan aktivitas kelompok pada pembelajaran tanpa menggunakan media Papan Adventure, siklus I, dan siklus II, yaitu dari 74,1%, 93,5%, dan 97,5%.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.