MEMBANGUN SIKAP POSITIF SISWA DALAM MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN SKEMA BERGAMBAR DI SMK YPM 11 WONOAYU-SIDOARJO

Windy Tunas Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sikap positif siswa pada pembelajaran trigonometri menggunakan skema bergambar. Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa meskipun sesungguhnya mereka memiliki kemampuan dalam belajar matematika. Penggunaan sumber belajar serta media yang tepat dapat membantu guru menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu, dapat membangun sikap positif siswa dalam pembelajaran matematika. Pada penelitian ini guru menggunakan skema bergambar pada pembelajaran trigoometri-selisih dan jumlah dua sudut. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X-akuntansi SMK YPM 11 Wonoayu Sidoarjo. Penelitian dilakukan melalui kegiatan observasi dan wawancara siswa. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif untuk menarik kesimpulan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah hasil observasi sikap siswa yang menunjukkan bahwa pembelajaran trigonometri menggunakan skema bergambar dapat meningkatkan minat belajar serta motivasi belajar pada materi trigonometri dan membentuk sikap positif siswa pada pembelajaran matematika. Siswa menunjukkan semangat dan antusiasnya dalam belajar serta mendapatkan hasil prestasi belajar yang baik. Siswa bersungguh-sungguh dalam belajar dan berdiskusi kelompok serta mengumpulkan tugas tepat waktu. Siswa juga berpendapat bahwa pembelajaran berkelompok dengan menggunakan skema bergambar tidak membosankan dan lebih mudah dipahami. Pembentukan sikap positif siswa pada penelitian ini pada akhirnya juga membuat prestasi siswa yang baik pada materi trigonometri.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.