RENDAHNYA PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP KONDISI KELAS DALAM KURIKULUM K-13

Syahbul H Jusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap kondisi kelas yang menerapkan kurikulum ktsp dan kurikulum 2013 (k-13). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah pemberian kuisioner yang diadopsi dari penelitian Megan & Anita (2000) kepada 8 sampel yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Delapan Guru matematika tersebut terdiri dari empat guru KTSP dan empat guru K-13. Ada tiga aspek kondisi kelas yang dinilai dalam kuisioner yang diberikan dalam penelitian ini yaitu: 1) Keterlibatan siswa, 2) Strategi Pembelajaran, dan 3) Manajemen kelas. Hasil penelitian menunjukkan rendahnya persentase persepsi guru matematika terhadap kondisi kelas pada guru yang menggunakan kurikulum K13 dibandingkan dengan guru yang menggunakan kurikulum KTSP.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.