PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG

Silvia Irene

Abstract


Tujuan dari penggunaan media pembelajaran berupa permainan ular tangga pada penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui  hasil yang didapatkan siswa setelah mendapatkan pembelajaran pada materi bangun ruang dipertemuan sebelumnya; 2) Untuk mengetahui seberapa besar minat siswa dalam pembelajaran matematika serta kesulitan apa yang dihadapi oleh siswa. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang ada di MTs Roudlotus Shibyan Pare Kediri. Pengumpulan data menggunakan wawancara yang kemudian di deskripsikan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebagian besar siswa mengalami kesulitan untuk menyelesaikan soal , hal ini ternyata dipengaruhi oleh : 1) Kurangnya pemahaman siswa yang menyebabkan siswa kurang memiliki kecakapan dalam memecahkan persoalan yang diberikan oleh guru, terutama pada soal-soal yang telah dimodifikasi ; 2) Kesulitan yang dirasakan siswa juga ada pada prosedur pengerjaan soal yang banyak ; 3) Siswa menunjukkan minat yang besar terhadap pembelajaran dengan media permainan ular tangga dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari siswa yang semakin aktif saat pembelajaran ini diberikan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.