ANALISIS PENGGUNAAN GANTUNGAN BAJU PADA MATERI PENGUKURAN BERAT TIDAK BAKU DI KELAS I SD

Roro Dyar Ayu Maulitasari

Abstract


Matematika merupakan subjek pelajaran yang dipelajari di segala jejang pendidikan termasuk pendidikan dasar. Menurut Piaget, siswa pada jenjang pendidikan dasar berada pada tahap operasi berfikir konkret. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan penggunaan  gantungan baju sebagai benda konkret dalam materi pengukuran berat tidak baku yang digunakan oleh guru kelas pada siswa kelas I SD. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seorang guru kelas 1 di suatu sekolah SD Muhammaddiyah di Malang. Data  dikumpulkan  melalui   kegiatan  wawancara dan  dokumen. Wawancara semi terstruktur dilakukan untuk memperoleh informasi secara langsung dari subjek mengenai penggunaan gantungan baju sebagai benda konkret dalam materi pengukuran berat tidak baku. Wawancara ini bersifat fleksibel dan dalam melakukan wawancara tidak dilakukan sekali saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gantungan baju sebagai benda konkret dapat membantu siswa untuk lebih memahami konsep mengenai pengukuran berat tak baku. Selain itu media pembelajaran dengan benda konkret ini dapat meningkatkan keaktifan dan semangat siswa dalam belajar pada materi pengukuran berat tak baku.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.