PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN RME BERBANTUAN MEDIA UBIN ALJABAR

Romadhon Romadhon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan RME berbantuan media ubin aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif  kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas 8b MTs Islamiyah Kebomlati Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban  yang berjumlah 24 terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui wawancara dan pengamatan. Langkah-langkah pendekatan RME yang dapat memahamkan siswa pada materi faktok aljabar dengan berbantuan media ubin aljabar meliputi : apersepsi, mengelompokan siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami masalah, menyelesaikan masalah dengan berbantuan ubin aljabar, mengadakan evaluasi dan presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Presentase hasil tes secara klasikal mendapat skor minimal 75% adalah 70,11% pada siklus I meningkat menjadi 93,86% pada siklus II. Presentase hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 72,33% dan meningkat menjadi 85,04% pada siklus II, sedangkan presentase hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai 74,55% menjadi 86,45%. Hasil responden yaitu 1 siswa pada siklus I dan 2 siswa pada siklus II dinyatakan dapat memahami materi pemfaktoran bilangan bentuk aljabar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.