ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN BANGUN DATAR BERDASARKAN LANGKAH POLYA

A Rizal

Abstract


Berdasarkan tujuan penilitian yang ingin dicapai dalam penelitian, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Monta Kabupaten Bima semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lima orang siswa yang berdasarkan kemampuan matematika dalam menyelesaikan soal tes. Pemilihan subjek berdasarkan hasil kemampuan matematika siswa. Dari hasil tes dan wawancara yang dilakukan dan beberapa persoalan yang terlihat dalam menyelesaikan soal tes yang diberikan, peneliti  menilai bahwa analisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada ; a) Aspek kefasihan, siswa pertama dikatakan cukup memenuhi sedangkan siswa yang kedua kurang memenuhi;  b) Aspek keluwesan, siswa pertama dikatakan kurang mampu menyelesaikan masalah, sedangkan pada siswa yang kedua benarbenar kurang dan tidak memenuhi aspek ini; c) Aspek keaslian, siswa pertama ini meskipun tidak mampu menyelesaikan semua soal dengan benar, akan tetapi siswa mampu memberikan pilihan jawaban yang lain, yang mungkin menurut siswa itu benar juga, sedangkan pada siswa yang kedua peneliti menilai, siswa memberikan jawaban yang berbeda dan tidak juga sama, akan tetapi jawaban yang diberikan salah; d) Aspek keterincian, siswa pertama pada aspek ini dikatakan cukup memenuhi, meskipun tidak semua jawaban yang diberikan tidak mampu dia lakukan seperti pada jawaban nomor tiga dan nomor lima, dimana siswa langsung melakukan penyelesaian tampa mencari dan melihat apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal,begitu pula pada siswa yang kedua. Dan ada juga beberapa langkah polya tidak dilakukan oleh siswa, seperti memahami, memeriksa,  dan menyimpulkanya kembali, dan ini terjadi pada siswa yang pertama meskipun hanya 30% saja, sedangkan siswa yang kedua hampir semua jawabanya tidak memperhatikan langkah polya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.