ANALISIS KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013

Maria Simforiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan guru matematika dalam menerapkan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 di SMP Katolik Mutiara Rekas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian desriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 guru matematika di SMPK Mutiara Rekas. Teknik  pengumpulan data dalam penelitian ini  adalah teknik komunikasi langsung melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru Matematika di SMP Katolik Mutiara Rekas mengalami berbagai kesulitan dalam menerapkan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013. Berdasarkan hasil angket dan wawancara yang telah peneliti analisis bahwa guru matematika mengalami kesulitan dalam kegiatan: (1) menanya, (2) mengamati (3) mengumpulkan informasi, (4) mengasosiasikan, dan (5) mengkomunikasikan. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor yaitu  sumber belajar dan media pembelajaran yang kurang memadai, kemampuan matematik peserta didik yang bervariasi, waktu pembelajaran yang kurang, bahasa yang digunakan peserta didik serta kurangnya pemahaman guru matematika tentang pendekatan saintifik

Refbacks

  • There are currently no refbacks.