PENGEMBANGAN LAGU EDUKASI MATEMATIKA DALAMPEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EDUTAINMENT DI KELAS V SDN KELEYAN 1 SOCAH

Putri Diah Kusuma Wardani, Mohammad Edy Nurtamam, Fachrur Rozie

Abstract


Pembelajaran matematika yang dilaksanakan di Kelas V SDN Keleyan 1 Socah masih menggunakan metode ceramah dengan minimnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lagu edukasi matematika dengan metode edutainment yang layak digunakan dari segi kevalidan lagu, kemenarikan, keefektifan, dan mudah digunakaan dalam pelaksanaannya di SDN Keleyan 1 Socah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah di adaptasi oleh Sugiyono.  Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa hasil ujicoba kevalidan media dari validator yaitu ahli materi pembelajaran 98,67%, ahli media pembelajaran 94,67%, dan ahli desain pembelajaran 90,67% dengan kategori sangat valid, hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa pada ujicoba produk  96,67% dan ujicoba pemakaian 97,50% dengan kategori sangat menarik. Hasil uji keefektifan media berdasarkan hasil observasi aktifitas guru dan siswa pada ujicoba produk dan pemakaian, pada ujicoba produk hasil observasi aktivitas guru 100% dan observasi aktivitas siswa 96,34%. Pada ujicoba pemakaian, hasil observasi aktivitas guru 100% dan observasi aktifitas siswa 96,25% dengan hasil ketuntasan klasikal siswa 96,88% dengan kategori sangat efektif. Hasil uji kepraktisan berdasarkan respon guru sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran  Lagu Edukasi Matematika sangat layak digunakan untuk materi bangun ruang siswa kelas V di SDN Keleyan 1 Socah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.