PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI PRISMA

Purwo Adisantoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah metode pembelajaran penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan prestasi belajar materi prisma dan mendeskripsikan besarnya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Malang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis dan observasi. Tahapan analisis data meliputi pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan prestasi belajar dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Guru menjelaskan materi dengan menggunakan media manipulatif. (2) Guru membagi siswa menjadi 9 kelompok yang heterogen. (3) Guru membagikan lembar kerja siswa (LKS) dan alat peraga yang digunakan untuk menemukan rumus luas permukaan dan volume prisma. (4) Siswa berdiskusi mengerjakan LKS. (5) Guru mengawasi jalannya diskusi serta menjadi fasilitator. (6) Siswa mempresentasikan hasil diskusi. (7) Guru memberi penguatan hasil presentasi siswa serta memberi kesempatan siswa bertanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar matematika meningkat dari 55,56% pada siklus I menjadi 77,78% pada siklus II, sehingga prestasi siswa meningkat sebesar 22,22%.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.