ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nur Islamiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan motivasi belajarĀ  siswa pada penggunaan media komik pada pembelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu satu guru matematika dan 30 siswa SMPN 11 Mataram. Data diperoleh melalui wawancara dan angket jenis Skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada penggunaan media komik pada pembelajaran matematika dapat memberikan pengaruh positif terhadap domain afektif siswa yaitu motivasi siswa dalam belajar matematika. Motivasi belajar siswa terdiri dari beberapa indikator dintaranya: 1) Adanya hasrat dan keinginan berhasil dengan perolehan skor rata-rata sebesar 2,05 dan kategori cukup baik ; 2) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar dengan perolehan skor rata-rata sebesar 2,56 dan kategori baik; 3) Adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan siswa dapat belajar dengan baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar 2,75 dan kategori baik; 4) Adanya penghargaan dalam belajar dengan perolehan skor rata-rata sebesar 2,57 dan kategori baik; dan 5) Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar dengan perolehan skor rata-rata sebesar 2,55 dan kategori baik. Secara keseluruhan berdasarkan perolehan skor rata-rata dari setiap indikator, maka skor rata-rata untuk motivasi belajar siswa dengan menggunakan media komik dalam pembelajaran matematika adalah 2,50 dengan kategori baik.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.