PROBLEMATIKA SELF-EFFICACY GURU DALAM PEMBELAJARAN ALJABAR

Novita Adi Wilujeng

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan self-efficacy guru dalam pembelajaran aljabar. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang guru dari SMA Negeri 01 Nanga Mahap Kalimantan Barat. Metode pengambilan data menggunakan metode angket dan metode wawancara. Tahap analisis data yaitu menganalisis hasil angket pada setiap item. Hasil analisis didukung dan diperkuat dengan hasil wawancara. analalisis wawancara menggunakan teknik reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian  menunjukkan terdapat dua orang guru yang memiliki tingkat self-efficacy tinggi sedangkan satu lainnya memiliki tingkat self-efficacy sedang. Faktor yang mempengaruhi adalah pengalaman mengajar serta kesiapan dalam mengajar aljabar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.