KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA SOAL-SOAL PISA LEVEL 4 DAN 6

Muhammad Huda, Humairah Humairah, Novi Ismiasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada soal PISA. Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa kelas VIIIC Mts Muhammadiyah 1 Malang yang nantinya akan dipilih 3 orang siswa untuk diwawancarai yaitu 1 orang yang memiliki kemampuan kritis tinggi, 1 orang yang berkemampuan kritis sedang dan 1 orang yang berkemampuan kritis rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa sedangkan wawancara digunakan untuk mengukur kemampuan argumen siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis tes adalah statistika sederhana dan wawancara melalui 3 tahap yaitu (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan keimpulan. Hasil penelitian menunjuan bahwa (1) berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada soal PISA dapat disimpulkan siswa kelas VIII C Mts Muhammadiyah 1 Malang memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah dan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah pada soal PISA; (2) kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi mampu memenuhi semua indikator kritis dengan tepat yaitu mampu mengfokuskan pertanyaan dengan tepat, menganalisis argumen dengan tepat dan membuat kesimpulan dengan tepat; (3) kemampuan berpikir kritis tingkat sedang mampu mengfokuskan pertanyaan dengan tepat, menganalisis argumen dengan kurang tepat dan membuat kesimpulan dengan kurang tepat; (4) kemampuan berpikir krtis tingkat rendah mampu mengfokuskan pertanyaan dengan kurang tepat, tidak mampu menganalisis argumen dan tidak mampu membuat kesimpulan; (5) kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi mampu memahami masalah dengan tepat, merencanakan dengan tepat, menyelesaikan masalah dengan tepat dan memeriksa kembali dengan tepat; (6) kemampuan pemecahan masalah tingkat sedang mampu memahami masalah dengan tepat, merencanakan dengan kurang tepat, menyelesaikan masalah dengan kurang tepat dan memeriksa kembali dengan kurang tepat; (7) kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah mampu memahami masalah dengan kurang tepat, salah dalam merencanakan, tidak mampu menyelesaikan masalah dan tidak mampu memeriksa kembali.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.