ANALISIS KEMAMPUAN ORIGINAL MATEMATIKA TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Muhammad Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan original matematika terhadap penggunaan internet sebagai sumber belajar, penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif, adapun subjek penelitian adalah 20 siswa kelas X SMK Edith Batu. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes untuk mengukur kemampuan original siswa, angket digunakan untuk mengukur tingkat penggunaan internet sebagai sumber belajar sedangkan wawancara digunakan untuk mengukur kemampuan original siswa yang lebih mendalam. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis angket menggunakan statistika sederhana dan wawancara melihuti 3 tahap yaitu (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan keimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebuah kesimpulan bahwa (1) siswa SMK Edith Batu 50% siswa tergolong pengguna internet sebagai sumber belajar yang tinggi, 30% tergolong sedang dan 20% siswa tergolong rendah; (2) siswa yang tergolong tinggi dalam mengunakan internet sebagai sumber belajar memenuhi indikator berpikir original atau mampu berpikir original karena melahirkan ungkapan baru; (3) siswa yang tergolong sedang dalam menggunakan internet sebagai sumber belajar memenuhi indikator berpikir original atau mampu berpikir original; (3) siswa yang tergolog rendah dalam menggunakan internet sebagai sumber belajar tidak memenuhi indikator berpikir original atau tidak mampu berpikir original.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.