PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN GEOMETRI MATERI BANGUN RUANG DI SMP

Lutfan Anas Zahir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran geometri pada saat pembelajaran berlangsung dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian di laksanakan di SMP NU Pakis Malang pada kelas IX. Dari hasil observasi dan wawancara didapatkan hasil bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstektual pada materi bangun ruang memberikan efek langsung ke siswa sehinnga dapat menarik dan memberikan respon positif kepada pengajar saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan bahan dari lingkungan sekitar siswa yang memiliki bangun geometry ruang serta dibawa oleh siswa sendiri dan dibantu dengan lembar kerja analisa yang diberikan oleh guru. Selain itu, dengan proses pembelajaran menggunkaan pendekatan kontekstual, siswa juga dapat memahami konstruksi dari suatu bangun geometri, oleh karenanya dapat membantu memahami konsep-konsep dan menggabungkan fakta dan ide-ide untuk menjelaskan materi dalam matematika dengan lebih baik. Hal ini juga di ikuti dengan peningkatan kreatifitas siswa dalam memanfaatkan benda – benda sekitar yang bisa di gunakan untuk menunjang pemahaman di lain pemabahasan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.