PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DENGAN SUMBER BELAJAR RUMAH ADAT KORKE BALE

Lusia Bince Kumanireng

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi siswa dalam belajar  matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang, menggunakan sumber belajar rumah adat setempat yaitu korke bale. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII-A SMP Negeri 1 Tanjung Bunga,  Kabupaten Flores Timur dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 10 siswa lakilaki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan, siswa sangat termotivasi dalam mempelajari materi bangun ruang menggunakan sumber belajar rumah adat korke bale. Hal ini berdasarkan hasil wawancara guru bahwa siswa sangat senang, antusias dan tekun dalam belajar; siswa mendapat pengelaman baru dari pembelajaran ini; siswa percaya diri dalam bertanya tentang materi yang belum dikuasai dan berani menyampaikan pendapatnya; serta siswa juga mempunyai keinginan yang tinggi dalam mencari informasi mengenai unsur-unsur matematika yang termuat dalam rumah adat korke bale.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.