178 PENGARUH METODE PERMAINAN BERDASARKAN TEORI DIESNES TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GRABAGAN SIDOARJO

Lucia Nanda Pramudya, Mohammad Edy Nurtamam, Andika Adinanda Siswoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode permainan berdasarkan teori diesnes di kelas IV SDN Grabagan Sidoarjo pada mata pelajaran matematika materi pecahan senilai. Penelitian kuantitatif jenis Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Teknik yang digunakan sampling jenuh, yaitu 56 sampel yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh, 1) hasil analisis pada angket akhir motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kotrol diperoleh thitung = 8,455 > ttabel = 2,006. Berdasarkan hasil analisis Ho ditolak, sehingga menunjukkan ada perbedaan motivasi belajar matematika siswa kelas kontrol dan eksperimen yang menggunakan metode permainan berdasarkan teori diesnes di kelas IV; 2) hasil pada hasil posttest hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung =4,047 > ttabel =2,006. Berdasakan hasil analisis Ho ditolak, sehingga menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa  antara kelas kotrol dan kelas eksperimen yang menggunakan metode permainan berdasarkan teori diesnes dikelas IV. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan berdasarkan teori diesnes memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Grabagan Sidoarjo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.