MEDIA SEMPOA DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG PADA TK

Indah Puji Lestari

Abstract


Tujuan penelitian antara lain mendeskripsikan alasan pengunaan sempoa,  kendala-kendala yang dialami, cara penggunaan sempoa terhadap kemampuan berhitung dan mendeskripsikan proses penggunaan sempoa dalam kemampuan berhitung. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Darma Wanita Gadingkulon dengan jumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengetahuan guru kelompok B di TK Darma Wanita Gadingkulon tetntang sempoa hanya terbatas pada pengoperasian penjumlahan dan pengurangan sederhana. Sempoa digunakan sebagai media untuk berhitung bertujuan agar anak terlatih kemampuannya dalam kognitif terutama pada kemampuan berhitung. Sempoa dikenalkan pada anak kelompok B dengan rentang usia 5-6 tahun. Cara penggunaan sempoa telah diberikan oleh guru pada tahun ajaran semester awal. Hal ini dikrenakan agar anak mampu mengenal bagian-bagian sempoa serta penggunaan sempoa dalam berhitung. Proses penggunaan sempoa dalam berhitung penjumlahan dan pengurangan diberikan secara bertahap.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.