EFEKTIVITAS KOMBINASI MODEL TSTS DAN TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Imroatul Kosia

Abstract


Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk berpikir kreatif, saling bekerjasama, dan mengkomunikasikan gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika dengan mengkombinasikan dua model kooperatif yaitu model Two Stay Two Stray (TSTS) dan model Team Game Tournament (TGT) serta melihat efektivitas pembelajaran tersebut terhadap prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas XII IPS 4. Metode pengumpulan data berupa tes akhir peserta didik, pedoman wawancara, lembar observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas peserta didik serta lembar angket peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah peserta didik mendapat nilai minimum 75 adalah 86,21% dengan rata-rata skor tes akhir 79,72. Menurut kriteria, pembelajaran efektif jika sekurang-kurangnya 85% peserta didik memperoleh nilai minimal 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model TSTS dikombinasikan dengan model TGT dalam penelitian ini efektif. Hal ini ditunjang oleh hasil observasi aktivitas guru dan hasil observasi peserta didik dikategorikan baik serta hasil wawancara serta angket respon peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan secara umum memberikan respon positif.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.