MENGIDENTIFIKASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA DI SMP ISLAM HASANUDDIN DAU-MALANG

Humairah Humairah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran, dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan adalah Guru matematika kelas VII, VIII, IX dan siswa sebanyak enam orang yang diambil dua orang dari masing-masing kelas. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara berupa instrumen yang didesain secara sederhana oleh peneliti. Analisis data pada penelitian ini bersifat deskriptif yaitu menganalisis hasil pengisian angket oleh siswa dan analisis wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan siswa dan guru mata pelajaran matematika. Dari hasil penelitian didapati bahwa penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran mampu menjadikan proses pembelajaran yang lebih bervariatif dan menyenangkan dalam memahami materi dan akhirnya hasil belajar yang diperoleh meningkat. Berdasarkan hasil dan pembahasan disarankan sebaiknya (1) guru mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada setiap materi yang diajarkan, sehingga siswa menjadi lebih mudah menyerap dan memahami materi pelajaran yang disampaikan guru; (2) keaktifan siswa dalam pembelajaran lebih diperhatikan guru sehingga lebih mudah dalam memahami suatu materi; (3) guru lebih cepat menganalisis setiap permasalahan yang muncul, terutama masalah yang dihadapi oleh siswa dan (4) guru maupun pihak sekolah harus mampu mengupdate alat peraga yang terbaru dan modern, hal ini penting untuk meningkatkan motivasi, minat, aktivitas, kemampuan, skill dalam pembelajaran matematika itu sendiri.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.