KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Shaty Gabuhasuri hayuning Lathi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SD dalam pemecahan masalah matematika geometri dari sudut pandang guru. Pengungkapan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar dalam pemecahan masalah matematika materi geometri dari sudut pandang guru mengambil subjek dari 28 siswa kelas III SDN 05 Lawang Kabupaten Lawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa cenderung lemah karena kurangnya minat yang ditunjukan siswa, waktu yang dibutuhkan juga sangat terbatas. Sementara untuk melatih agar siswa berpikir kreatif diperlukan waktu yang panjang dan latihan berulang-ulang agar siswa terbiasa memecahkan masalah. Guru sudah berupaya untuk meningkatkan kreatifitas siswa dengan berbagai macam kegiatan diluar maupun di dalam kelas yang mampu menunjang pola pikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika. Kurangnya minat siswa berlatih berpikir kreatif cenderung sebagai penghambat proses belajar mengajar karena dengan kurangnya minat maka waktu yang dibutuhkan juga semakin banyak. Solusi yang mampu diberikan adalah adanya upaya pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga membuat siswa lebih semangat untuk belajar. Guru juga dapat memberikan pelajaran yang kontekstual dan realistik dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan lingkungan siswa. Sering melakukan pendekatan dengan siswa juga sangat disarankan agar mampu memahami kesulitan siswa dalam belajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.