PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA “BUNGKERBOL MINI” UNTUK MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Diyah Ayu Rizki Pradita, Abdul Qohar

Abstract


Dalam dasa warsa terakhir ini masalah pada bidang pendidikan yang masih banyak disoroti, baik oleh mereka yang berasal dari pengamat pendidikan maupun masyarakat pada umumnya. Selanjutnya penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media ”Bungkerbol Mini”  untuk pembelajaran pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian  Research and Development (R and D), dan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, and Evaluation). Jenis data yaitu data primer. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan pada media “Bungkerbol Mini”. . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi media, lembar observasi pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Validitas Media “Bungkerbol Mini” dinyatakan cukup valid dengan skor ratarata 84,86% (2) Praktikalitas Media “Bungkerbol Mini” berdasarkan respon siswa dinyatakan cukup praktis dengan skor rata-rata 81,5%. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa Media “Bungkerbol Mini” ini cukup valid dan cukup praktis.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.