RESPON SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI

Dina Amalya Lapele

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis respon siswa terhadap penggunaan media dalam pembelajaran geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 42 orang siswa SMAN 8 Malang.  Data dikumpulkan melalui angket yang ditujukan untuk memperoleh informasi mengenai media pembelajaran apa saja yang pernah digunakan dalam pembelajaran geometri serta respon siswa terhadap media pembelajaran tersebut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif yakni dengan mendeskripsikan perolehan persentase respon siswa terhadap media pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan saat ini media pembelajaran yang paling sering digunakan guru yaitu buku tulis dan PPT sedangkan penggunaan alat peraga hanya mencapai 4,76% dan penggunaan software geometri hanya mencapai 7,14%. Perolehan persentase terbesar pada umumnya yaitu pada penggunaan alat peraga. Hal ini menyatakan menurut siswa media pembelajaran geometri yang paling memotivasi, meningkatkan aktivitas belajar dan minat siswa terhadap geometri yaitu alat peraga. Persentase terkecil yaitu pada penggunaan PPT. Hal ini menyatakan bahwa menurut siswa PPT menjadi media pembelajaran geometri yang masih kurang memotivasi, meningkatkan aktivitas belajar dan minat terhadap geometri.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.