PROFIL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA

Danang Lipianto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki respon siswa dalam memecahkan masalah aljabar berbasis taksonomi SOLO siswa di kelas XI SMK  dengan minat belajar tinggi, sedang, dan rendah. Taksonomi SOLO adalah kerangka kerja untuk mengklasifikasikan respon siswa terdiri dari 4 level. Subyek penelitian terdiri dari enam siswa di kelas XI  TPM dari SMK Karya Bhakti Gresik pada tahun akademik 2017 / 2018. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes, dan pedoman wawancara sehingga dapat mengetahui respon dalam memecahkan masalah aljabar. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Tes yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini adalah, tes pemecahan masalah aljabar. Tes ini digunakan untuk mendapatkan data berupa respons siswa terhadap masalah Aljabar matematika. Kemudian dari data yang diperoleh dilakukan analisis respon mereka berdasarkan level taksonomi Solo nya. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi tahap-tahap reduksi data, merangkum data, memilih hal-hal yang pokok dan memfokuskan pada hal-hal yang penting dan membuang yang tidak perlu. Sehingga hasil reduksi dapat memberikan gambaran yang lebih tajam tentang data yang akan disajikan. Penyajian data pada tahap ini, peneliti menyajikan data yang merupakan hasil reduksi. Data yang disajikan adalah data berupa deskripsi hasil pekerjaan siswa respon mereka, Setelah data disajikan, maka tahap berikutnya adalah penarikan kesimpulan.  Penarikan kesimpulan pada penelitian ini mengacu pada kriteria dan indikator taksonomi SOLO. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Tingkat respons dalam pemecahan masalah aljabar berdasarkan taksonomi SOLO dan minat belajar.  dua subjek dengan minat belajar tinggi pada mata pelajaran Matematika memiliki tingkat extended abstrack Tingkat respons dua subyek dengan minat belajar matematika sedang dalam memecahkan masalah berdasarkan taksonomi SOLO berbasis masalah aljabar berbeda dari satu ke yang lain; salah satunya memiliki tingkat relasional sementara yang lain memiliki level multistruktural Untuk ini kasus, siswa dengan kategori minat belajar matematika yang sama (tingkat sedang) memiliki respon yang berbeda. Tingkat respons dua subjek dengan rendah Minat belajar matematika dalam memecahkan masalah aljabar taksonomi SOLO adalah juga berbeda dari yang satu ke yang lain; salah satunya memiliki level multistruktural sementara yang lain memiliki tingkat unistruktural Untuk kasus ini, para siswa dengan kategori minat belajar matematika yang sama (tingkat rendah) memiliki respon yang berbeda.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.